Resep Cumi Asam Manis ala Yue.

Senin, 12 Februari 2018

Siapa yang tidak kenal dengan cumi-cumi??? Cumi merupakan seafood favorit di keluarga kami. Saya dan suami kebetulan sangat menyukai varian seafood yang satu ini. Sebagai seafood, cumi dapat diolah menjadi beragam masakan, tidak hanya sebagai lauk saat makan, tetapi cumi juga dapat dijadikan sebagai olahan cemilan, seperti kerupuk cumi, kemplang cumi, bakso cumi, siomay cumi, dan masih banyak lagi olahan lainnya.

sumber gambar : kangepondok.blogspot.com

Cumi juga baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Terkadang beberapa Ibu hamil cenderung waspada terhadap varian makanan hasil olahan seafood, hal ini dikarenakan, beberapa varian seafood mengandung kandungan merkuri yang cukup tinggi, yang tentunya tidak baik untuk perkembangan tumbuh kembang janin. Namun, hal ini tidak berlaku  untuk cumi. Kandungan merkuri dalam cumi cukup rendah. Dilansir dari breaktime.co.id, cumi termasuk ke dalam kudapan rendah lemak dan tinggi kandungan gizinya. Cumi menyimpan 0,85 miligram zat besi dan 1,48 seng. Sebanyak 3 ons cumi menyediakan 15,25 gram protein yang berguna untuk pembentukan sel-sel tubuh. Tak hanya itu, cumi juga mengandung vitamin B12, vitamin , vitamin A serta asam folat, di mana kesemuanya kandungan cumi tersebut sangat dibutuhkan oleh pertumbhan janin. Namun, perlu diingat ya bagi Ibu-Ibu yang sedang hamil, mengkonsumsi cumi-cumi tidak boleh lebih dari 12 ons dalam satu minggu.

cumi segar. sumber gambar : lifestyle.okezone.com

Nah, kali ini, saya mau berbagi resep masakan cumi asam manis (yang kebetulan juga merupakan olahan cumi favorit keluarga kami). Kala suami saya disuguhkan cumi asam manis saat makan, bisa-bisa nambah-nambah makannya. :D
Oke baiklah, disimak ya...

Bahan-Bahan :

1              1. Cumi Segar ½ kg (pisahkan dengan lapisan tinta (kepala cumi) dan pisahkan dari tulangnya, cuci bersih dan potong-potong hingga menyerupai cincin (ring).

2        2. Bumbu yang dihaluskan : (Kebiasaanku memasak adalah menghaluskan bumbu dengan menggunakan ulekan batu ya, tidak menggunakan blender, karena rasa akan berbeda).
1.       Cabe Kerting 4 buah
2.       Cabe Rawit Jawa 2 buah (boleh dilebihkan jika suka pedas)
3.       Bawang Puting 4 siung
4.       Bawang Merah 2 siung
5.       Garam secukupnya (krg lebih 2 sendok teh)
6.       Tomat Apel 1 buah yang ukuran sedang.

3              3. Tiga sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu.
4              4. Satu setengah sendok makan saus tiram.
5              5. Dua sendok makan saos cabe (kalau aku lebih suka menggunakan saus cabe merk belibis)
6              6. Setengah buah bawang bombay (iris kasar)
7              7. Satu helai daun bawang (iris kasar).
8              8. Setengah sendok teh penyedap rasa (boleh tidak disertakan).
9              9. Satu sendok makan kecap manis.
1           10. Sepuluh buah cabe rawit utuh pisahkan dari batangnya. (boleh menggunakan cabe rawit jawa               atau cabe rawit hijau.

Cara Membuat :
1.       Panaskan wajan, masukkan minyak goreng, setelah benar-benar panas, tumis bumbu yang telah dihaluskan dalam wajan dengan menggunakan api kecil hingga harum (kurang lebih 2 menit).
2.       Masukkan cumi-cumi yang telah dipotong ke dalam tumisan bumbu.
3.       Masukkan penyedap rasa.
4.       Masak hingga cumi setengah matang.
5.       Masukkan saos sambal+kecap+saos tiram. (Aduk kembali hingga merata)
6.       Masukkan irisan bawang bombay+irisan daun bawang dan cabe rawit hijau utuh. Aduk-aduk sejenak.
7.       Cumi asam manis siap dihidangkan. (sangat enak disantap dengan nasi hangat).

Cumi Asam Manis ala Yue a.k.a. Saya
Doc.Pribadi



Okey, yang perlu diingat dari memasak cumi asam manis adalah,, gunakan api kecil ya, agar antara cumi-cumi dan bumbu benar-benar matang dan bumbu benar-benar meresap pada cumi.


Nah,  mudah kan membuatnya? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan Ibu-Ibu/Kakak-Kakak sekalian. Ayoook, langsung deh sidak ke pasar terdekat, cari-cari cumi segarnya. 😊


Sumber bacaan tambahan :
http://breaktime.co.id/health/trivia/benarkah-makan-cumi-cumi-saat-hamil-dapat-menyebabkan-bayi-cacat.html

5 komentar on "Resep Cumi Asam Manis ala Yue."
  1. Boleh dong icip2 hhe, kayanya pake nasi hangat mantap..

    BalasHapus
  2. ngilerrr kak sama masakannya, aku termasuk alergian sama seafood tapi anehnya kalo makan cumi nggak alergi haha. kapan2 mau coba masak jugak ahhh

    BalasHapus
  3. Ini nih enaknyo dimakan dengan nasi uptih hangat lalap jengkol mudo Yue heheee

    BalasHapus
  4. ini saya jadi lapar lohhh,,,hahaaa

    BalasHapus
  5. Waduh, saya ga bisa makannya , ga kuat

    BalasHapus