Ingin Mencicipi Kuliner Palembang di Kota Bengkulu? Ke Pempek 7 Ulu Cek Toni aja!

Senin, 05 Maret 2018

Aneka Jenis Pempek
Doc. Pribadi


Bagi pecinta kuliner Palembang, seperti pempek, tekwan, model, es kacang merah, kerupuk ikan, serta kemplang, tidak usah jauh-jauh ke Palembang jika Anda berdomisili di sekitaran Kota Bengkulu. Cukup dengan menempuh jarak sekitar 2km dari pusat kota, kita sudah bisa dimanjakan dengan beragam menu yang ada di warung Pempek 7 Ulu Cek Toni, yang berada di Simpang 4 Padang Harapan, Kota Bengkulu. Lokasinya tepat berada di pinggir jalan raya simpang 4 Padang Harapan, sehingga mudah untuk ditemui.

Adapun menu-menu yang ditawarkan, yakni :

1.  Aneka pempek (pempek campur); pempek kapal selam, pempek kulit,   pempek lenjer, pempek adaan dan pempek keriting.
2.  Pempek Kapal Selam.
3. Tekwan ikan, semacam bakso ikan (berkuah semacam kuah sop), dengan pelengkap irisan bengkuang, mie soun, jamur kuping, daun bawang, irisan daun seledri dan bawang goreng sebagai toping.
4. Model Ikan, semacam tekwan, hanya bedanya, model berbentuk seperti bakso ikan ukuran besar yang berisi tahu di dalamnya, kemudian cara penyajiannya, bakso ikan besar tersebut diiris-iris ketika hendak dihidangkan, kemudian diberi kuah (semacam kuah sop) beserta toping yang sama dengan tekwan.
5. Es kacang Merah. Semacam es serut dengan toping dominan kacang merah rebus. Hampir sama dengan es campur.
6. Kerupuk Ikan dan Kerupuk Kemplang ikan. Kemplang adalah kerupuk yang dibuat dari tepung aci beserta cmpuran ikan giling dan bahan lainnya yang tidak digoreng cara memasaknya melainkan dibakar.
7. Rujak Mie; Mie Kuning dan Mie Soun beserta irisan tahu, timun, bawang goreng, irisan daun bawang, serta irisan daun seledri dilengkapi cuko pempek sebagai kuahnya.
8. Beraneka jus buah, es campur, es teler dan es jeruk.


Pempek Kulit (menu favorit) disandingkan dengan es Kacang Merah. 
Wuih! Seger! 😃
Doc. Pribadi


Model khas Pempek 7 Ulu
Doc.Pribadi



Walaupun warung-warung dengan menu makanan khas Palembang di Kota Bengkulu cukup banyak, Namun, menurut saya pribadi, yang paling mendekati rasanya dengan kuliner khas Palembang asli adalah warung pempek 7 Ulu Cek Toni ini. Selain harganya yang ekonomis, untuk kebersihan dan pelayanannya pun amat baik.


Kenangan dengan Pempek 7 Ulu

Sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, saya adalah pelanggan Pempek 7 Ulu Cek Toni Simpang Empat Padang Harapan. Kebetulan kalau SMP dulu, kalau mau ‘jajan’ di tempat ini, tinggal jalan kaki dari SMP usai pulang sekolah, karena dulu sekolah di SMPN 4 kota Bengkulu yang berada di jalan Cimanuk, Padang Harapan, tidak jauh dari lokasi warung ini.

Saat SMP dulu (tahun 2003-2005), menu di warung Pempek 7 Ulu itu, terasa mahal sekali bagi saya. Untuk bisa jajan di sana, saya perlu menabung uang jajan dulu untuk mendapatkan tiga pempek kecil (seharga Rp 1.500,-/satu pempek.) Namun, ketika berhasil sampai ke sana dan makan di sana dengan berjalan kaki dari sekolah usai pulang sekolah, rasanya nikmaat sekali. Walaupun masih ingin tambah menu, namun keinginan dipendam, karena uang jajan yang dimiliki sudah habis,he). Sedih sih ingatnya, tetapi cukup membahagiakan, karena berani menabung sendiri demi bisa makan pempek 7 Ulu.

Nah, seiring berjalannya waktu, saat kembali lagi ke warung ini di bulan Maret 2018, saya sudah tidak memikirkan lagi akan kehabisan uang ketika membeli menu di sini. Alhamdulillah rasanya. Walaupun terkadang saya suka makan sendiri di tempat ini (tanpa ada teman yang menemani), tetapi saya bersyukur, karena selain makan pempek, saya juga bisa memesan es kacang merah sebagai menu minumannya (he..). Rasanya sangat membahagiakan.

Menu di Pempek 7 Ulu
Doc.Pribadi


Sebagai bocoran nih ya! Menu favorit saya, yaitu pempek adaan dan pempek kulit. Ayook dicicip! Jangan lupa berkunjung ke sana ya! 😄😃😄

“Jangan lupo adik sanak, ingek kuliner khas Palembang di Kota Bengkulu! Ingek ajo warung pempek 7 Ulu Cek Toni Padang Harapan!”

5 komentar on "Ingin Mencicipi Kuliner Palembang di Kota Bengkulu? Ke Pempek 7 Ulu Cek Toni aja! "
  1. Kalau aku paling suka dengan pempek kulit dan es kacang merah, uhuuuu....mereka berdua itu perpaduan yang top

    BalasHapus
  2. Rujak mie bikin ngiler,, kalo saya 2 porsi baru cukup.. hehehehhe
    memang pempek cek toni udah melegenda di kota bengkulu.

    BalasHapus
  3. enak nian la makan di sini, tapi agak jarang soalnya agak mahal, hihihi

    BalasHapus
  4. hehe.. pempek Cek Toni emang enak banget ya,
    temen-temen aku yang di luar kota juga, kalo balik ke Bengkulu pastilah wajib banget kak mampir ke sini

    BalasHapus
  5. Pernah nyobain pempek ini memang enak kok, suka rasanya dan Pengen nambuh mulu, sayang2 tapi ama kocek

    BalasHapus